Tjoen Kie Restaurant - Bandung

2:49 PM



Chinese Food,sering kita mendengarnya adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang Tionghoa, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia. Masakan Tionghoa yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia mayoritas merupakan masakan etnis Han.
Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia.

Penyiapan Chinese Food untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, namun untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah karena Filosofi Chinese Food adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahannya.
Sebagian besar hidangan adalah campuran dari beberapa macam bahan Daging dan sayur disajikan bersamaan.Bumbuyangseringdipakaisebagai bumbu perasa adalah bawang putih, saus tiram, kecap,minyak wijen. Sayur atau daging dipotong kecil-kecil untuk dapat dengan mudah dimakan dengan sumpit selain agar bumbu meresap lebih cepat, dapat mempersingkat waktu dan menghemat bahan bakar.

Minyak untuk memasak yang digunakan antara lain mentega, lemak hewani, minyak sayur, minyak biji kapas, minyak kedelai dan minyak kacang-kacangan. Minyak dapat menambah rasa, memberikan aroma harum sayur terhadap daging dan sebaliknya memberi sayuran rasa daging. Untuk menambah rasa, kecap dan garam dipercikkan secara bersamaan.

Chinese Food juga banyak menggunakan sayuran dan senang dengan tekstur yang renyah karena itu chinese food berbahan dasar sayuran identik dengan proses pemasakan yang hanya ditumis sebentar.

Beberapa jenis sayuran yang identik dengan Chinese food yaitu Pakchoy,sawi putih, lobak labu air,caisim,rebung dan semua bahan sayuran  tersebut digunakan sebagai bahan tambahan sebagai sumber vitamin.



Salah satu Restaurant Chinese Food legendaris di kota Bandung adalah Tjoe kie Restaurant.
Tjoen Kie Restaurant telah berdiri sejak tahun 1927.Waktu yang sangat lama dengan kurun waktu 88 tahun berarti kurang lebih sudah 3-4 generasi dan sejak dulu berdiri di daerah Sudirman.
Di daerah ini memang ada beberapa restaurant Chinese food danTjoen Kie ,salah satu restaurant Legendaris yang menyajikan Chinese Food hingga saat ini.

Terdiri dari dua lantai & seperti kebanyakan restaurant Chinese Food yang memiliki dekorasi dengan didominasi warna merah. Dengan meja bulat dan kursi berisi 10 bh dilantai 1 maksimal 15 meja dan dilantai 2 maksimal 20 meja cocok untuk acara pernikahan atau ulang tahun juga okay.








Mengapa meja makan di restaurant Chinese Food berbentuk bulat ?
dan diatas meja selalu ada meja bundar dengan roda sehingga setiap tamu dapat dengan mudah mencapai semua hidangan.
Di setiap meja telah disediakan perlengkapan makan yang komplit.Setiap orang diberi semangkuk nasi sementara hidangan yang lain disajikan dalam pinggan mangkuk ditengah meja yang nanti akan makan bersama dengan orang satu meja.Untuk minuman selalu disediakan teh panas karena teh dipercayai membantu pencernaan makanan yang berminyak.




Saatnya kita mencoba beberapa menu spesial dari Tjoen Kie Restaurant.



Ikan Gurame tim lapis ham
Rp 150.000/ekor
 
Satu porsi diberikan satu ekor ikan Gurame. Yang unik disini ikan guramenya di potong kecil
tapi disusun seperti puzzle menyerupai badan ikan guramenya dan diselingi oleh jamur ,ham juga rebung.Rasanya sih udah gak perlu ditanya lagi.Enak banged jiga rebungnya tidak tercium baunya dan bumbu ikannya juga sangat enak. Satu ekor bisa untuk 4-6 orang.







Fung kan 
Rp 220.000/ porsi Large
 
Salah satu menu Favorit di Tjoen Kie. Dihidangkan dengan cantik dibentuk lingkaran berjejer dengan potongan daging yang menggiurkan dan warna merah telur asin.Karena Fung kan sendiri merupakan kombinasi adonan daging cincang babi juga bumbu khas Tjoen Kie dan telur asin dibentuk seperti bakso besar dan digoreng.Agar menyantapnya mudah jadi Bakso besar tersebut dipotong potong dan disusun cantik. Jangan lupa pake perasan air jeruk limau yang disediakan di sekeliling pinggannya.Rasa gurih,tekstur yang padat dan bungkus luar yang crunchy.
Enak & Lezat




Sam ping kua cay
Rp 150.000/ porsi Large
 

Kalau melihat sajian sayur ini mengingatkan akan Sop karena sayur berkuah kaldu ini berwarna bening dengan rasa yang gurih didalamnya terlihat isi potongan daging babi,ham babi juga sayuran Pakcoy yang segar. Perbandingan antara sayur dan dagingnya pas. Makannya dengan dituangkan kedalam mangkok kecil sop yang telah disediakan.Segar dan Sedap.

Semua menu yang dihidangkan meninggalkan kesan yang dalam baik di lidah dan juga di hati. Rasanya tidak terlupakan. Pantas saja Tjoen Kie Restaurant hingga sekarang ada di hati para pecinta Chinese Food karena rasa dan kualitas selalu dipertahankan dari dulu hingga sekarang.



Harga Makanan 
Rp 55.000- Rp 5.000.000

>Paket Pulang Pemakaman/Kremasi
6 macam masakan
Rp 45.000/piring

5 macam masakan & buah
Rp 45.000/piring

5 macam masakan
Rp 40.000/piring

4 macam masakan & buah
Rp 40.000/piring

>Paket Nasi Box
3 macam Masakan 
Rp 35.000/Box

>Paket Bubur malam Kembang / Kebaktian
Bubur Ayam
Rp 9.000/Cup
Tambahan
Kacang tanah Rp 1.000/cup
Ayam                Rp 1.000/cup
Cakwe              Rp 1.000/cup

>Menu Paket Cia Ciu
Harga Rp 1.250.000 - Rp 1.725.000

>Bubur malam
Rp 5.000 - Rp 50.000


TJOEN KIE RESTAURANT
Jl. Jend Sudirman no. 62-64
Bandung

Email : tjoen_kie@yahoo.com
BBM : 53E203DB, 7E57FD96
Instagram @tjoen_Kie

Jam buka : 
11.00-14.00 
17.00-21.00

Bubur Malam Jam 18.00-22.00 

__________________________________________________________________________

Lets go eat
 
Instagram lets.go.eat
Facebook let eats
Twitter let eats

Blog :
www.letsgoeatall.blogspot.com


You Might Also Like

0 comments