MOONLIGHT RESTAURANT JAGONYA CHINESE FOOD

6:47 PM

   


    



Selain makanan Sunda, makanan Chinese selalu ada di list sebagai makanan favorit dan gak pernah ada kata bosan dalam kamus kita. Karena makanan Chinese rasanya sangat cocok dengan lidah kita. Selain itu, kita yakin meski udah seumur sekarang, masih banyak makanan Chinese yang belum kita coba. Itulah, yang menandakan saking beragamnya makanan Chinese :)

Nikmatnya makanan Chinese sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner dan uniknya seringkali ada filosofi dibalik setiap hidangan. Konsep Yin dan Yang dari masakan Chinese dan teori 5 elemen adalah api, tanah, logam, air, dan kayu yang diibaratkan lima rasa, ada pahit, manis, pedas, asin dan asam. Dan hebatnya lagi makanan Chinese dinilai layak masuk ke jajaran makanan paling enak di dunia dan yang paling beragam di dunia.

Jadi sumringah banget ketika diajak pasangan yang humble dari Duniakuliner_bdg buat makan malam bersama. Tempat yang dituju adalah Restaurant Chinese Food bernama Moonlight Restaurant yang ternyata telah ada sejak tahun 1994. Berada di Kompleks perumahan Kopo Permai yang memang jauh dari pusat kota. Berada di jalanan yang padat karena sepanjang jalan kopo, bertebaran kompleks perumahan juga jejeran pabrik. 

Meski ada beberapa restaurant Chinese Food di daerah ini tapi Moonlight Restaurant salah satu yang ter-The Best. Sedikit info buat teman teman yang mungkin akan mengadakan lamaran, atau acara spesial lainnya ke Moonlight Restaurant aja, karena muat untuk kapasitas maksimal 70 orang.




      

      

      


Tempatnya khas Chinese 'totok' karena beberapa kaca besar di templok di bagian dinding memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Beberapa ornamen dari China juga lukisan ikan yang cantik menambah kemeriahan. Meja bulat yang menjadi ciri khas Restaurant Chinese Food disusun dengan rapih dan  para waiters memakai baju Ciang ie berwarna merah. Disetiap meja telah tersusun rapih piring kecil, mangkok, sepasang sumpit juga sendok dan gelas kecil beserta teko berisi teh panas yang bisa dipilih jenis tehnya. 




       

     

        Kepiting ala Hongkong

Bintang utama yang jadi favorit adalah Kepiting ala Hongkong yang merupakan kreasi dari Owner Moonlight sendiri. Namanya bintang utama, udah pasti banyak peminatnya. Tapi karena sekarang kepiting yang bagus sedang agak susah. Jadi amannya, kamu telefon dulu sehari sebelumnya untuk cek stok kepitingnya.

Penampilannya sangat menggiurkan, ukuran kepitingnya gendud kayak Cici Merah Up's gendud lucu gitu soalnya bersaus merah yang menyelimuti kepitingnya dengan melimpah. Siap membedah kepiting, dagingnya montok banged menuhin setiap cangkang kepiting, sausnya yang bikin belepotan ditangan paling asik emang dijilat. Sensasi nikmatnya luarrr biasa. Rasa pedasnya terasa dilidah tapi nikmat gak bikin nyiksa. 👍



      

      

         Gurame Tim

Ikan gurame yang hidup di air tawar, memiliki bentuk yang khas serta memiliki daging yang tebal juga mengandung protein yang tinggi juga mengandung Vitamin E dan merupakan sumber energi.

Proses mengolah gurame kali ini dengan di tim. Mengetim adalah memasak wadah berisi gurame yang direndam dalam air mendidih. Proses mengolah makanan seperti ini memang tidak asing meski popularitasnya masih kalah dengan proses memasak lainnya seperti menggoreng, menumis, mengukus dan memanggang. Makanan yang di tim udah pasti rasanya akan terkesan hambar dibandingkan proses yang lainnya. Meski begitu, memasak dengan cara mengetim, lebih sehat ketimbang memggoreng dan proses memasak lainnya. Selain itu, banyak sekali manfaatnya seperti membantu mencegah kelebihan kolesterol atau lemak jenuh dalam tubuh. 

Kemudian, masakan akan matang merata tanpa harus kehilangan banyak kandungan nutrisinya. Selain itu juga dapat mempertahankan tekstur dan cita rasa makanan. Begitupula dengan Gurame Tim dari Moonlight Restaurant, rasa ikan yang nyata dan sedap. Bumbu tidak banyak hanya ada potongan jahe juga bawang daun menghiasi kuahnya.



      

      
  
         Tang Chu Yu (gurame asam manis cuka hitam) 

Tang Chu Yu, menu kreasi dari owner Moonlight Restaurant, dan merupakan salah satu signature dari Moonlight Restaurant. Ikan gurame yang digoreng tepung tipis, disajikan dengan ikannya yang dibuat berdiri dengan gagah. Yang unik adalah dari sausnya yang berwarna agak hitam, aromanya tajam dan rasanya asam segar dengan memakai cuka hitam. Cuka hitam seringkali banyak dipakai dalam hidangan Chinese Food sebagai pelengkap atau campuran saus. Sebelum dimakan, siram ikan gurame dengan sausnya, lalu jelajah setiap bagian ikan guramenya yang berdaging tebal dan gurih.



     

         Wuxi Baikut Moonlight Style

Ini salah satu menu terbaru dan merupakan hasil karya dari Moonlight Restaurant. Diberi nama Wuxi Baikut Moonlight Style. Nama yang panjang untuk nama menu apalagi kalau melihat ketika disajikan dalam piring kecil. Dimana potongan baikut atau iga babi yang dipotong kecil dan imut disusun keatas.
Melihat sekilas, tidak ada istimewanya tapi melihat warna yang keluar dari setiap potongan iga sapinya sangat menggiurkan bikin air liur hampir menetes.

Kalau bisa dibilang menu ini kecil kecil cabe rawit, meski kecil tapi bikin kita berdua gak berenti buat terus menikmati menu satu ini. Baikutnya digoreng tapi gak bikin liat atau keras, karena ketika digigit sangat empuk banged dengan daging yang berbumbu sedap👍



      

          Babi Hong

Makanan satu ini, ada yang menyebutnya sebagai devil nya Chinese Food. 😂 Biasanya disajikan saat hari istimewa seperti Imlek tapi jaman sekarang udah gampang mau makan Babi Hong gak perlu nunggu Imlek tinggal langsung ke Moonlight Restaurant aja.  Kebayang dong, babi hong ini yang diambil dari perut babi ini terdiri dari 3 lapisan devil. Ada lapisan kulit, lemak dan daging yang semuanya gurih dan enak deh. Apalagi dimakan bersama nasi hangat, kuah berwarna coklat yang gurih disiramkan ke atas nasinya, hmmmmm....... Haoce.

 


    

        Sapo Tahu

Sapo Tahu, mendengar nama masakan satu ini pasti sudah sering kita dengar. Sapo Tahu merupakan sajian yang memiliki komposisi yang lengkap dimana Tahu sutera yang menjadi bahan utama, dikombinasi dengan berbagai sayuran, bakso, seafood dan jamur hoisom yang gurih maksimal dan juga banyak manfaatnya yang konon bisa mengobati penyakit darah tinggi dan yang pasti tidak mengakibatkan kolestrol 😂 
Hoisom sering kita temui di hidangan Chinese Food dan harga Hoisom ini merupakan masakan mahal, karena pengolahannya yang terkenal agak rumit dimulai dari episode 1, ditangkap dari laut lalu dijual dan terakhir dimasak. Memasaknya juga harus ahli supaya tidak tercium bau amis. Dan Moonlight Restaurant berhasil menghidangkan Sapo Tahu dengan sukses. 




Lindung Siomak

Ga adil kalau makan ga pakai sayur, kita coba sayur Siomak yang merupakan sayur berbentuk agak kurus dan panjang, rasanya sedikit pahit tapi enak apalagi ditambah dengan potongan lindung. Apakah lindung ? 
Lindung atau belut besar yang dipotong kecil digunakan untuk menu Lindung cah Siomak. 
Sayur siomaknya enak, segar tapi hanya Koko Biru yang suka dengan Belut jadi, dia makan belutnya sedangkan Cici Merah makan sayur siomaknya. 😂



     

         Sayur campur

Namanya sederhana menggambarkan menu satu ini, disajikan dengan warna warna segar dari sayuran sangat menggugah selera. Kalau melihat wujudnya mengingatkan akan menu cap cay, yang berbeda kuah dan isi dagingnya tidak sekomplit cap cay

Di menu sayur campur ini, ada sayur Kapri yang gendud potongan jagung semi dan juga berbagai jamur seperti ada jamur hioko yang terkenal di seluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahasa Jepang, Shiitake. Mempunyai bau yang khas ketika dimakan, dan bagi yang suka jamur Hioko karena  jamur yang enak. Lalu ada jamur kancing juga jamur merang yang banyak disukai. Semuanya jadi kombinasi yang mantap.




     

         Udang Telur Asin

Udang merupakan salah satu hidangan seafood, dan banyak yang menggemarinya termasuk Cici Merah. Salah satu menu yang menggugah selera adalah Udang telur asin. Dimana udang goreng dibalut oleh kuning telur asin yang sedap. Udangnya bongsor jadi daging dibagian dalamnya juga besar dan mantap dibalut dengan saus telur asinnya yang legit dan gurih. 





   

       Kodok Sayur Asin

Kita jarang makan kodok dimasak dengan sayur asin. Biasanya digoreng mentega atau di kuah memakai tauco. Jadi, baru kali ini kita mencoba hidangan Kodok Sayur Asin.
Memakai kodok batu yang merupakan kodok yang besar yang diambil dagingnya, dimasak bersama potongan sayur asin, potongan jahe muda yang diiris. Jadi rasa segar dari sayur asinnya yang nikmat dimakan bersama potongan daging kodok yang juga memakai ketan merah atau dikenal dengan nama ang ciao. Hanya kalau makan hidangan ini harus hati hati dengan tulang Kodoknya yang kadang memperlihatkan diri.😂


 

     

         Ayam Jahe

Salah satu menu klasik dan selalu ada di list menu Restaurant Chinese Food adalah ayam jahe. Untuk menu satu ini, udah diluar kepala deh. Dimana ayam yang direbus dipotong-potong disajikan dalam piring berjejer sangat rapih lalu diberi toping bawang putih goreng yang harum. Paling pol cara makannya dimana dicelupkan semua potongan ayamnya lalu dimakan dalam satu gigitan setelah sebelumnya dicelupkan dulu dalam saus bersama irisan jahe yang disajikan dalam mangkuk terpisah. 

    


       

          Mapo Tahu

Menurut info, Mapo Tahu salah satu hidangan yang populer dari provinsi Sichuan China ini merupakan salah satu makanan Chinese yang lezat. Dan mempunyai sejarah yang hampir 100 tahun. Mapo Tahu merupakan kombinasi dari tahu sutera yang memakai taoco juga daging sapi cincang. Rasanya pedas  menyegarkan dan enak. Kelembutan tahu sutera dengan kuah tauco yang sedap. Disajikan dalam hot pot yang masih mengebul, bikin ngeces #lapdulu dimakan bersama semangkuk nasi putih hangat, semakin nikmat.





    

        Hie piau baso Ikan kuah

Terus terang kita berdua  baru kali ini mencoba menu yang satu ini, dimana Hie Piau adalah perut ikan kakap yang dipotong berbentuk kotak. Perut ikannya kemudian dikeringkan dengan cara dijemur biasanya sekitar dua hari. Setelah itu, baru daging ikan digoreng, kemudian direbus sebentar dalam air mendidih agar dagingnya mengembang.

Hie piau biasanya dimasak seperti sop dengan berbagai sayuran segar seperti sawi, Selain itu, baso ikan, potongan tahu, daging ayam yang dipotong-potong dadu. Sedangkan kuah kaldunya sangat harum mengebul panas didalam Hot pot. Sendokkan pertama, harumnya juga cita rasa hie piau yang memiliki tekstur daging yang lembut juga kenyal. Jadi ingat akan dorokdok yang suka ada dikuah baso atau hidangan cap cay. Cuma ini lebih gurih dan lezat.



Overall, makan malam kali ini sangat kenyang bingit sampai melupakan diet, tapi kesemuanya makanan yang kita nikmati meninggalkan kesan yang berbeda dari setiap sajian. Sangat kaya rasa, dan layak di perhitungkan. Pelayanan yang baik juga penyajian yang cantik juga gak perlu menunggu lama dari satu hidangan ke hidangan lainnya. Semua terkoordinir dengan sangat baik. Duh, siap siap ketagihan nih 😂






Love,

Koko Biru & Cici Merah




Lokasi :

MOONLIGHT RESTAURANT
Kompleks Kopo Permai 55A No. 1
Bandung - Jawa Barat - Indonesia


Buka Jam 08:00-14:30
Buka Jam 16:00-21:00
(Hari Sabtu sampai Jam 21:30)


Instagram @moonlight_bdg

Available on delivery Bandung Selatan area



Harga Rp 40.000 - Rp 195.000






Harga :



Kepiting ala Hongkong Rp 23.000/ons

Gurame tim Rp 140.000

Tang chu yu (gurame asam manis cuka hitam) Rp 140.000

Wuxi baikut moonlight style Rp 100.000

Babi hong Rp 150.000

Sapo tahu Rp 190.000

Lindung siongmak Rp 70.000

Sayur campur Rp 65.000

Udang telur asin itu Rp 195.000

Kodok sayur asin Rp 65.000

Ayam jahe Rp 140.000

Mapo tahu Rp 80.000

Hiepiau Baso Ikan kuah Rp 170.000


______________________

Follow :

Instagram @lets.go.eat
Facebook let eats
Twitter @leteats

Email :
Admin@letsgoeat.info

Blog :
Letsgoeat.info
www.letsgoeatall.blogspot.co.id









You Might Also Like

0 comments